Kenapa Harus Takut Copy Paste?

Kenapa Harus Takut Copy Paste?sebuah pertanyaan yang menggelitik saya Sobat Blogger.
Beberapa blogger mengharamkan copy paste ( sory kalau statement ini lebay :d ) karena seorang plagiator (orang yang aktivitasnya hanya copy paste) dianggap pencuri intelektual.Bagaimana tidak,sebuah konten yang ditulis dari usaha yang keras harus diambil orang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada sang empunya.Terlebih tanpa memberi sumber (source) di bawah konten tersebut.

Lebih tragisnya lagi blog sang plagiat untuk konten yang sama malah nangkring menjadi jawara di search engine.Jangan heran Sobat Blogger karena SEO (search engine optimization) itu misterius.Terkadang ketika kita melakukan teknik-teknik SEO yang direkomendasikan master blogger masih kalah ama blogger lain yang tanpa menerapkan SEO sama sekali.

Untuk mengetahui contoh sebuah konten copy paste tinggal memasukkan judul konten ke search engine,atau sebagian teks kontennya jika ada beberapa halaman di hasil search engine yang menampilkan judul atau sebagian teks yang sama berarti memang ada sang plagiat.Anda buka saja halaman-halaman tersebut dan lihat kontennya,jika sama persis lihat di bawahnya ada sumber tulisan (source) ada atau tidak.Tampilan source ada atau tidaknya ikut menjelaskan karakter sebenarnya dari sang Admin.Apakah dia memiliki etika dalam blogging atau murni memang seorang plagiat.

Kembali ke topik Kenapa Harus Takut Copy Paste?
Nah jika Anda tidak memiliki kemampuan menulis artikel,males atau sebab apalah ada satu hal yang harus tahu dan pertimbangkan.Yaitu Konsep.Ibaratnya konsep ini adalah peluang usaha.Jika Anda berfokus pada konsep dan memperhitungkan apa yang di butuhkan pengunjung dengan tingkat gairah tinggi maka jadilah plagiat.Tapi jadilah plagiat yang beretika.

Misalnya begini Sobat Blogger:Anda mencintai hobi tertentu.So,Anda tinggal memenuhi blog yang Anda bangun dengan konten-konten yang berkaitan.Istilah bloggingnya "niche".Blog model begini biasanya menjadi rujukan pengunjung blog yang memiliki hobi yang sama pula(menciptakan komunitas).Jika mereka menemukan kecocokan dengan konsep blog yang Anda tawarkan,itu berarti mereka akan menjadi fans blog Anda dan tentunya akan berkunjung kembali setiap saat.

Bagaimana dengan konten-kontennya nanti?tidak perlu takut menampilkan source atau sumber penulisan di bawah entri/konten/artikel/postingan di blog Anda.Jangan tampak pintar biar dikira artikel tersebut karya original Anda dengan tidak menampilkan source jika sebenarnya itu memang hasil copy paste karena Anda akan terlihat bodoh jika suatu hari nanti ketahuan.

"Yang Anda tawarkan adalah konsep bukan artikel-artikel itu sendiri".Percaya deh jika pengunjung blog Anda suka dengan blog Anda,mereka akan setia menanti artikel-artikel kembali.Seperti misalnya blog keren ini terselubung.blogspot.com yang user online ratusan sampai ribuan.


Apakah ini baik untuk search engine?tidak perlu kuatir Sobat Blogger,baca tulisan saya tentang Konten Berkualitas vs Konten Kuantitas.Intinya jika blog memiliki 10.000 artikel(maksudnya banyak artikel) di dalamnya,tanpa ia tahu menahu soal SEO,sedikit banyak akan terjaring di mesin pencari.Buktikan sendiri ucapan saya.....

Satu lagi sebelum saya menutup postingan ini yang berjudul Kenapa Harus Takut Copy Paste?jika Anda takut  kehabisan artikel untuk hobi Anda yang Anda anggap tidak populer(misalnya),Anda bisa copy paste terjemahan dari blog luar negeri,bukankah sangat melimpah.Menarik bukan?

PS:Terkadang admin sebuah blog mengharuskan plagiat untuk memberikan link aktif menuju blognya(bahkan ada yang sampai tidak boleh menghilangkan link aktif di artikelnya segala.Jika ini permintaan mereka,turuti saja kemauannya.

Dwi Nurhayati admin BloggerCewek,Panduan praktis tutorial blog di blogspot untuk pemula.